TIPS MUDAH BER-HOMESCHOOL 

images.pngBuat ibu-ibu rempong seperti saya, menjalani homeschool bersama empat orang anak itu cukup menguras energi. Apalagi di awal memulai homeschool. Energi banyak terbuang untuk hal-hal yang sebenarnya gak penting. Akibatnya, tangki energi cepet kosong, padahal urusan sama anak belum kelar😀 Akibatnya lagi, mengomel-lah saya ke sana ke mari bagai bunga kembang tak jadi😀

Setelah memakai produk melakukan perenungan panjang yang tak berkesudahan, saya sadar bahwa sepertinya ada yang harus diperbaiki dengan jalan hidup saya (haelah, opo toh!)  Maksud saya,  semestinya saya mesti mencari cara bagaimana agar proses homeschool ini berasa mudah bagi saya,(tapi,  belum tcentcu buat mereka :D)

Agar tetap waras dalam mendampingi proses homeschool mereka, saya ingin berbagi tips, gak diikutin juga gak apa sih..karena saya percaya setiap kita bisa mengatasi permasalahan dalam hidup kita dengan cara kita sendiri (eits, berasa motivator deh, sayah :D) Daripada nulis prolog gak jelas dan gak kelar-kelar, mending langsung cap cus yah😀  Jadi, ada beberapa tips untuk memudahkan proses homeschool anak-anak bersama kita  sehari-hari;

1. Selalu luruskan niat. Saya selalu percaya bahwa kita akan mendapatkan sesuai dengan apa yang kita niatkan. Niat itu harus selaras dengan amal, amal itu harus dibarengi dengan keikhlasan, dan keikhlasan buahnya kesabaran. Ealah kok malah ceramah ^.^

2. Cari tahu tipe/gaya belajar setiap anak.  Untuk homeschool mom dengan empat anak seperti saya, penting untuk mencari tahu gaya belajar masing-masing anak. Seperti yang sulung tipe auditori maka terkadang saya read a loud buku bacaan buat dia, anak ke dua tipe kinestetik maka saya tidak memaksakan dia duduk berlama-lama murojaah bersama saya, anak ketiga tipe visual; saya lebih banyak nunjukkin gambar, printable worksheet gambar-gambar, ngajak jalan sambil minta dia perhatikan sekitarnya.Sedang si bungsu yang berusia satu tahun, lebih banyak eksplorasi bebas😀

3. Sediakan beragam  buku-buku bacaan, terutama kamus bahasa indonesia dan inggris😀 jadi kalau mereka nanya-nanya istilah-istilah tinggal suruh mereka buka kamusnya. Meski ini gak efektif juga, sih…ujung-ujungnya tetap saya yang buka kamus -.-” (tips apa ini?!)

4. Fleksibel. Bukan..itu bukan judul film horror😀 fleksibel artinya jangan kaku dalam prosesnya. Selalu temukan cara yang memudahkan kita sebagai ibu-ibu tapi sekaligus jadi proses belajar buat anak-anak. Contohnya libatkan mereka dalam pekerjaan rumah tangga, dengan begitu kita jadi tak butuh asisten rumah tangga, bisa santai sejenak atau ngerjain hal-hal lain sementara anak-anak mengerjakan tugas yang kita berikan.

5. Fasilitas seperti jaringan internet dan printer cukup memudahkan saya juga sih..tinggal penggunaannya yang dikontrol.

6. Sediakan telinga dan hati yang lapang  untuk mendengar masukan atau kritikan dari anak-anak tentang ibunya😀 mulutnya dikunci rapat-rapat, deh..insyaa Allah lebih mudah untuk jadi lebih baik dari yang kemarin ^.^

7. Santai ketika keseharian gak sesuai rencana..ingat, kita cuma bisa berencana, Allah yang menentukan..dengan begitu kita gak berasa bersalah-bersalah amat😀 menyesatkan gak sih?

8. Sedia bank-bank soal yang  siap dikeluarkan saat kita merasa anak-anak sudah lama gak ngerjain worksheet..hehehe jadi bukan buat evaluasi? Buat memudahkan emak aja sih dan menenangkan diri di saat tau lagi musim ujian sekolah😀

9. Sedia stok makanan instan atau resep makanan praktis, biar lebih mudah saat lapar menyerang sedang anak2 sedang butuh pendampingan. Setidaknya berlarilah ke warung sebelah untuk lebih memudahkan, jangan lupa dompetnya dibawa :<

10. Penutup yang menjadi solusi jitu dari semua permasalahan😀 Perbaiki hubungan kita dengan Allah, bagaimana kita ingin dimudahkan segala urusan, dikabulkan segala doa jika ibadah juga sekedarnya?🙂

Itu saja cukup yah…mohon maaf jika banyak ngelanturnya, semua berdasarkan pengalaman dan setiap orang pengalamannya mungkin saja berbeda ^.^ Semoga Allah selalu memudahkan urusan kita, lagi memudahkan kita untuk selalu memperbaiki diri🙂 Wassalam!

Kendari, 25 November 2016

@cheummufardain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s