ISTIMEWANYA ANAK PEREMPUAN

image

*Afrin dan abufardain*

Sebenarnya punya anak perempuan itu anugerah yang diidam-idamkan terutama bagi mereka yang sudah mempunyai anak laki-laki hehehe.. Anak perempuan itu punya rasa kasih sayang yang lebih besar dibanding anak laki-laki, makanya anak perempuan itu kelihatannya perhatian banget. Anak perempuan itu bisa didandani macam-macam dengan pernak pernik yang lucu-lucu. Makanya bersyukur banget saat ini dikaruniai Allah anak ketiga seorang perempuan yang kami beri nama Afrin (2thn8bln). Saya tidak habis pikir mengapa di zaman dahulu anak perempuan itu dianggap aib, bahkan di zaman jahiliyah jika punya  anak perempuan  akan dikubur hidup-hidup :, (  Karenanya lewat Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, Islampun turun menyelamatkan anak-anak perempuan dari ketidak adilan dengan ajarannya yang begitu memuliakan perempuan.

Mari kita lihat bagaimana istimewanya anak perempuan lewat hadist berikut: “Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631).

Yang dimaksud mengayomi anak perempuan adalah menunaikan hak-hak mereka seperti makan, pakaian, pendidikan, dan lain-lain. Imam An Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Yang dimaksud (عَالَ) adalah menunaikan hak-hak dengan menafkahi dan mendidik mereka serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lainnya”. (Penjelasan hadist saya copas dari sini)

Belum lagi hadist yang ini :
Ada seorang wanita yang datang menemuiku dengan membawa dua anak perempuannya. Dia meminta-minta kepadaku, namun aku tidak mempunyai apapun kecuali satu buah kurma. Lalu akau berikan sebuah kurma tersebut untuknya. Wanita itu menerima kurma tersebut dan membaginya menjadi dua untuk diberikan kepada kedua anaknya, sementara dia sendiri tidak ikut memakannya. Kemudian wanita itu bangkit dan keluar bersama anaknya. Setelah itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dan aku ceritakan peristiwa tadi kepada beliau, maka Nabi shallallhu ‘alaii wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim 2629)

Masyaa Allah! Jadi, ketika kita dikaruniai anak perempuan berarti kesempatan untuk terhalang dari siksa api neraka ketika kita mampu berbuat baik atas ujian berupa anak perempuan ada di depan mata, belum lagi sabda Rasulullah bahwa kelak beliau akan datang bersama di hari kiamat bagi mereka yang mengayomi anak perempuannya.

Etapi, jangan pikir berbuat baik mengayomi anak perempuan hanya sekedar memenuhi kebutuhan materi saja. Terutama untuk para ayah..karena seharusnya seorang ayah itu adalah cinta pertama seorang anak perempuan, maka jalin kedekatan yang baik dengan anak perempuanmu wahai para ayah, dan kelak anak perempuanmu akan menjadikanmu sosok ideal untuk calon suaminya kelak ^.^

Day 13 #NulisRandom2015
Kendari, 18 juni 2015
Tujuh bulan kehamilan si calon anak ke empat ^.^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s