REMAJA BERKARAKTER NABI YUSUF

Al Quran (QS.Yusuf : 22-23) telah mengabadikan kisah nabi Yusuf alaihi ssalam untuk dijadikan pelajaran bagi manusia khususnya kaum Adam. Bahkan menjadi contoh ketegaran seorang  laki-laki dipermulaan usia mereka (remaja) menghadapi fitnah berupa ajakan perempuan untuk berzina. Sebelum anak-anak baligh saya dan suami sudah mendiskusikan bagaimana menghadapi gejolak remaja yang kelak mereka akan alami, lalu menyepakati bahwa ketika anak-anak memasuki masa puber nantinya pendampingan saya serahkan kepada suami yang berpengalaman tentang dunia lelaki, hehehe saya sebagai teman konsultasi suami saja😀 Terus terang saya cukup deg-degan, apalagi setelah diskusi bersama suami dan beliau mengatakan bahwa usia remaja untuk anak laki-laki itu usia dimana rasa ingin tahunya sangat besar terhadap perempuan dan seks, maklum beliau seorang lelaki.. (hais bahwa suami saya laki-laki mestinya gak perlu dituliskan kali, yak). Meski peran pendampingan ketika memasuki masa baligh yang serahkan kepada suami, usia sebelum mereka memasuki masa baligh itu saya yang banyak berperan. Yang saya lakukan adalah menanamkan perasaan muroqobatulloh kepada anak dan kejujuran. Saya sangat menghargai ketika mereka bercerita atau jujur kepada saya, tidak menghakimi.

Ketika mereka pergi tanpa saya, di rumah tanpa saya, main komputer tanpa saya, nonton tivi tanpa pengawasan saya..yang saya ingatkan adalah “ummi tidak bisa mengawasi kalian 24 jam, tapi ingat ada Allah yang selalu mengawasi kalian.” Menanamkan perasaan seperti ini mencegah mereka berbuat dosa. Selain itu, mengenalkan mereka tentang aurat laki-laki dan perempuan termasuk melihat-lihat aurat orang lain adalah dosa.

Ahh, kalau dipikirkan tugas kami sebagai orangtua cukup kompleks. Selain harus mendidik anak-anak juga kami harus terus memperbaiki diri, saling meluruskan kekeliruan dengan pasangan. Kuncinya adalah komunikasi dan bekerja sama antara suami istri untuk mendidik anak, bukan menyerahkan kepada salah satunya saja. Senantiasa berdoa agar anak-anak laki-laki kami berkarakter layaknya Nabi Yusuf alaihissalam ketika berhadapan dengan fitnah dunia bernama wanita dan yang menyertainya.

Day 10, #NulisRandom2015

Leave a Reply

