TIDAK PUASA? BOLEH, KOK (“HARGAI”)

image

Saya teringat puasa tahun lalu, saat kami masih di Jakarta. Waktu itu saya berniat membeli lauk untuk buka puasa nanti, di sebuah warteg. Warteg memang tidak tutup, tapi menyediakan masakan mulai siang. Warteg masih sepi, hanya ada satu pelayan laki-laki yang sedang makan dengan lahapnya. Ketika saya mengorder makanan, dengan cuek namun berusaha sopan, pelayan laki-laki itu bilang, “maaf saya makan ya bu…saya gak puasa.” Katanya dengan mulut penuh nasi dan segera menghabiskan nasi-nasi yang tersisa. Kening saya berkerut…tapi sedang malas untuk menanggapi (selain sedang berpuasa tentunya) yang penting pesanan lauk saya segera dibungkus😀 Karena cerita saya barusan, jadi kepengen nulis tentang mereka yang dibolehkan tidak berpuasa. Eits, jangan keburu iri hati, apalagi bertanya-tanya inikah orang-orang yang diminta Menteri Agama untuk dihargai (haish, pikiran apaan ini!)

Sebelum saya tuliskan, ada baiknya kita pahami ayat berikut ini dahulu biar gak iri hati ^.^

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian.” (QS.2:183)

Jadi, puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi mereka yang mengaku beriman. Tapi, ada dari mereka yang boleh tidak berpuasa..tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu harus meng qadha puasa mereka alias mengganti di luar bulan ramadhan atau dengan fidyah (memberi makan fakir miskin). Siapa mereka yang boleh tidak berpuasa?

1. Orang yang sakit, apabila sakitnya akan bertambah parah jika puasa dan memperlambat kesembuhannya.
“Barangsiapa di antara kalian ada yang sakit atau dalam perjalanan, lalu berbuka, maka wajiblah baginya mengganti puasa sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.” (QS. 2:184)

2. Orang yang lanjut usia yang tidak mampu lagi berpuasa. Akan tetapi harus menggantinya dengan fidyah berdasarkan hadist : “Orang tua yang sudah lanjut usia diberikan keringanan untuk tidak berpuasa. Akan tetapi, ia berkewajiban untuk memberi makan setiap harinya kepada fakir miskin dan ia tidak perlu mengqadha puasa yang ditinggalkannya.”(HR.Daruqhtuni dan disahijkan oleh Al Hakim).

3. Wanita yang hamil dan menyusui, dengan syarat mengganti puasa di hari lain. Adapula yang berpendapat jika ia orang yang mampu maka lebih baik disertai dengan fidyah dengan dalil “Diwajibkan bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) untuk membayar fidyah. Yaitu dengan memberi makan orang miskin.”(QS.Al Baqarah:185). Tapi, jika tidak mampu cukup mengqadha saja di hari lain tanpa fidyah.

4. Orang yang dalam perjalanan (musafir). Dalilnya ada di point 1 ^.^ ditambahkan hadist berikut diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri Radiyallahu Anhu, “Kami pernah berperang bersama Rasulullah pada bulan ramadhan. Di antara kami ada yang berpuasa dan ada juga yang tidak. Orang yang berpuasa tidak mencela orang yang berbuka. Sebaliknya, orang yang berbuka tidak mencela orang yang berpuasa. Mereka mengetahui, bahwa siapa yang memiliki kemampuan dan berpuasa, maka yang demikian adalah lebih baik. Mereka juga mengetahui, bahwasiapa yang mendapatkan diri tidak mampu dan berbuka, maka yang demikian juga baik. (HR.Muslim). Dan syaratnya sekali lagi adalah mengqadha di hari lain.

Itu saja hasil penerawangan saya dari buku Fiqh, hehehe…Betapa Islam sangat menghargai dan mengerti kondisi yang menyebabkan orang2 dibolehkan tidak berpuasa, sekaligus menunjukkan betapa Allah Maha Penyayang lagi Maha Adil.

Tulisan ini saya tutup dengan pernyataan tidak penting bahwa mungkin Mentri Agama tidak perlu menghimbau bahwa di bulan ramadhan, orang yang berpuasa diminta menghargai yang tidak puasa..karena yang berpuasa adalah orang dewasa yang berakal, kecuali yang doi maksud “anak kecil” yang baru belajar puasa ^.~

Sumber tulisan: Fiqh Wanita, Syaikh Kamil Muhammad ‘Uwaidah, Pustaka Kautsar, 1998

Day 9 #NulisRandom2015
Kendari,9 Juni 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s