PERSIAPAN RAMADHAN

image

Ibarat seorang yang hendak menantikan tamu istimewa, seperti itulah layaknya kita menyambut bulan Ramadhan. Butuh persiapan-persiapan, sehingga ketika memasukinya kita bisa melakukan ibadah secara maksimal dan meninggalkan kesan. Tentu kita tidak mau ramadhan berlalu begitu saja, padahal kita tahu bahwa tidak ada bulan yang istimewa lagi srlain bulan ramadhan. Bulan dimana segala amal ibadah yang kita lakukan berlipat ganda pahalanya, dan bulan dimana kita diberinkesempatan untuk mensucikan diri dari dosa-dosa yang kita lakukan sebelas bulan sebelumnya. Berikut saya rangkumkan hasil mengikuti tarhib ramadhan yang dibawakan oleh Ustad Mujetaba, berupa persiapan-persiapan apa saja yang sebaiknya kita siapkan sebelum memasuki bulan ramadhan.
1. Isti’dat Ruhiyah
Memaksimalkan aktifitas ruhiyah seperti sholat sunnah, tilawah, sholat malam dan sebagainya untuk menyambut bulan ramadhan. Ibarat untuk menyembuhkan penyakit akut akan diberikan obat dengan kadar dosis tinggi, begitupun untuk mempersiapkan kondisi ruhiyah yang baik ketika memasuki bulan ramadhan dengan menaikkan porsi ibadah kita.
2. Isti’dat ilmi
Mempersiapkan diri dengan menambah ilmu dan tsaqofah (wawasan) tentang ramadhan. Misalnya hadir di majelis-majelis ilmu, membaca buku dsb.
3. Isti’dat ma’aly
Mempersiapkan harta untuk diinfakkan/kemashlahatan ummat. Lupakan dulu anggaran untuk membeli baju lebaran, makanan minuman istimewa untuk berbuka puasa, persiapkan harta yang terbaik untuk diinfakkan dan libatkan anak untuk mengantarkannya dengan tangan mereka sendiri, insyaa Alloh sekaligus sebagai sarana mendidik mereka di bulan ramadhan.
4. Isti’dat jasadiyah
Persiapan badan yang sehat. Cara nabi menjaga kesehatan adalah dengan tidak makan sebelum terasa lapar, dan berhenti sebelum kenyang.
5. Isti’dat keluarga
Persiapan mendidik keluarga di bulan Ramadhan.
Bahwa Tidak ada bulan lagi, selain bulan ramadhan dimana seorang suami bisa mengkondisikan istri dan anak-anaknya untuk lebih dekat dengan Tuhannyaimage

Tentu kita tidak ingin ramadhan berlalu begitu saja tanpa meninggalkan bekas terhadap diri kita dan keluarga. Mumpung masih ada waktu semingguan, yuk, kita mulai dari sekarang mempersiapkan diri dan keluarga menyambut ramadhan mubarok.

Day 7 #NulisRandom2015
Kendari, 7 juni 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s