FITNAH TERBERAT UNTUKMU (LELAKI)

image
Sumber foto dari internet trus diedit dikit ^.^

Aku tidak meninggalkan fitnah yang lebih berat bagi kaum laki-laki daripada fitnah wanita (Hadist Riwayat Ahmad dishahihkan Al-Albani)

Jangan pikir dengan menikah seorang laki-laki akan selamat dari godaan wanita. Buktinya banyak suami yang berselingkuh meski sudah beristri. Jangan berpikir seorang laki-laki yang hafidz al quran bisa selamat dari godaan wanita. Buktinya kisah seorang pemuda generasi tabi’in bernama Abdah bin Abdurrahim seorang hafidz quran yang jatuh cinta kepada gadis Romawi yang dilihatnya di sebuah benteng saat perang, singkat cerita demi sang gadis ia rela meninggalkan Islam, hingga hilanglah semua hafalannya kecuali dua ayat saja yaitu: “Orang-orang yang kafir itu seringkali (nanti di akhirat) menginginkan, kiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang-orang muslim. Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka).” (QS. Al Hijr: 2-3) Seolah-olah ayat ini adalah hukuman baginya karena telah menggadaikan keimanannya demi seorang gadis pujaan hatinya.

Etapi, jangan keburu patah hati. Kisah Nabi Yusuf dalam Al Quranpun bisa dijadikan bahan pelajaran. Bahwa laki-laki beriman seperti Nabi Yusuf juga tidak lepas dari godaan wanita, tapi, lihatlah bagaimana Nabi Yusuf berjuang melawan hawa nafsu sendiri dan meminta pertolongan Alloh. Jika tidak karena takut kepada Alloh, dan merasa diawasi Alloh, mungkin Nabi Yusuf akan tergoda, seperti doanya memohon pertolongan Alloh di titik puncak perjuangannya. Berikut kutipan ayatnya:

“Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu, seraya berkata: “Marilah ke sini”. Yusuf berkata: “Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung.
(QS: Yusuf Ayat: 23)
Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.
(QS: Yusuf Ayat: 24)

Meski tidak ada alasan untuk tidak digoda wanita, tapi masih ada harapan untuk menghindar dari fitnahnya. Yah, setiap laki-laki harus selalu merasa diawasi Alloh dimanapun dia berada, dan Alloh lewat Al Quranpun telah memberi peringatan untuk menjauhi mendekati zina, bukan sebatas zinanya tapi menghindari dari hal-hal yang bisa mendekatkan kepada zina. Eh, trus bagaimana menasihati orang yang punya kecendrungan mendekati zina?
image

Coba kita belajar dari Rasululloh menasihati seorang yang curhat bahwa dirinya tidak lepas dari zina tanpa harus mencela dan menghakimi.
Seorang laki-laki mendatangi Nabi Saw. Ada yang berpendapat laki-laki itu dari Tsaqif, ada juga yang berpendapat lain. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku ingin Islam. Tetapi, aku tidak bisa meninggalkan zina.” Seketika emosi para sahabat terpancing. Mereka meminta penjelasan tentang perbuatan dan ucapan seperti ini di hadapan Nabi Saw. bagi mereka, pernyataan itu hanya mengikuti nafsu.
Lalu apa yang dilakukan Nabi Muhammad Saw?
Rasulullah Saw. bersabda, “Biarkan dia!”
Kemudian Rasulullah Saw. mengajaknya berbincang-bincang dan membuatnya puas. Nabi Muhammad Saw tidak mengata-ngatainya dan tidak mencelanya dengan keras di depan orang. Rasulullah Saw. tidak mencelanya.
Beliau hanya bertanya,
“Relakah kamu, bila ibumu dizinai? Lelaki itu menjawab, “Tidak.”.
Rasulullah Saw. bersabda,
“Relakah kamu, saudarimu dizinai? Lelaki itu menjawab, “Tidak.”.
Rasulullah Saw. bersabda,
“Relakah kamu, puterimu dizinai? Lelaki itu menjawab, “Tidak.”.
Rasulullah Saw. bersabda,
“Relakah kamu, bibimu (dari pihak Ayah) dizinai? Lelaki itu menjawab, “Tidak.”.
Nabi Muhammad Saw . bersabda,
“Relakah kamu, bibimu (dari pihak Ibu) dizinai? Lelaki itu menjawab, “Tidak.”.
Nabi Muhammad Saw . bersabda, “Bagaimana orang lain akan rela, padahal kamu sendiri tidak rela dengan hal itu.”.
Lalu, lelaki itu sekarang memiliki semangat keagamaan (keislaman). Dia membayangkan sikap orang-orang ketika kerabat wanita mereka dizinai, seperti sikapnya ketika kerabat wanitanya dizinai. Lalu lelaki itu berkata,
“Aku bertaubat kepada Allah dari perbuatan zina.”
Nabi Muhammad Saw . bersabda, “Ya Allah, jagalah pendengaran, penglihatan, dan kemaluannya.” (HR. Ahmad dan Al-Thabrani)

Indah bukan cara Rasululloh memberi nasihat?🙂

Trus bagaimana cara seorang istri menasihati suami agar menjauhi zina mengingat suami adalah laki-laki yang punya ego tinggi dan merasa cukup keilmuannya? Tanya seseorang kepada saya. Hehehe, yang paling tahu karakter suami dan cara mengatasinya adalah istrinya sendiri tentu setelah melewati observasi yang demikian panjang (jawaban yang tidak memecahkan masalah ^.^ maaf)..jika belum berani, silahkan berdoa sungguh-sungguh mungkin bisa mengutip doa Rasululloh di atas “Ya Alloh, jagalah pendengaran, penglihatan, dan kemaluannya.” Aamiin Allahumma Aamiin.

Sudah selayaknya seorang istri dan sebagai seorang perempuan dalam keluarga juga kebagian tanggung jawab untuk menyelamatkan diri dan keluarganya terjerumus ke dalam api neraka sebagaimana diperintahkan Al Quran Surah At Tahrim ayat 6 yang berbunyi sebagai berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Al haqqu mirrobbika falaa taqunanna minal mumtarin. Allahu a’lamu bishowwab.

Day 3 #NulisRandom2015
@cheitumminyafardain

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s