PANNAI’

image
Sumber gambar dari sini

Keringat mengucur di pelipisku yang sesekali kuseka. Panas menyengat salah satu penyebab, tapi ini memang resiko pekerjaan buruh bangunan. Menyendok pasir diselingi menyeka keringat. Kerja keras! Ini kerja keras untuk menggenapkan tabungan pannai’, pannai’ untuk melamar I nai. I nai adalah gadis pujaanku yang orangtuanya mensyaratkan sejumlah pannaik supaya bisa menikahi dan membawanya pulang. Ah, tak sabar rasanya pulang, menghitung tabungan dari hasil menjual barang-barang peninggalan mamak, ditambah dengan upah sebagai buruh, jika masih kurang, mungkin akan mencari tambahan lain, yang penting bukan utang. Sedikit lagi, pasti bisa!

Matahari semakin terik, kerongkonganku sepertinya harus dibasahi, biar tidak dehidrasi. Sisa air aku kucurkan ke kepalaku. Adem. Aku duduk sejenak beristirahat, sampe kemudian seorang bocah kecil datang membawakan sepucuk surat. Kubuka perlahan, lalu terhenyak…surat dari I nai. Keringatku mengalir deras, dingin…sekuat tenaga kutahan airmata yang tabu kukeluarkan. Tapi, hatiku patah!

Kutinggalkan begitu saja pekerjaan mengaduk semen yang belum selesai..berikut surat pemberitahuan I nai, kutinggalkan menjadi sampah. Dalam langkahku, sayup-sayup terdengar suara seorang ustad yang sepertinya sedang mengisi kajian majelis taklim di masjid kampung sebelah…”Sabda Rasululloh, sebaik-baik wanita dan diberkahi adalah yang paling murah maharnya” Langkahku semakin cepat, seolah-olah sedang mencari perempuan yang paling murah maharnya, bukan lagi I nai, anaknya Daeng Sija yang terhormat!

*Pannai’ :sejumlah uang (adat) belanja yang diminta pihak orangtua perempuan kepada pelamar anaknya untuk keperluan pernikahan.
Day 2 : #NulisRandom2015
Kendari, 2 Juni 2015

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s