LABA-LABA

image

Kegiatan mencari tahu tentang laba-laba sebenarnya sudah lama menjadi draft dan belum sempat saya lanjutkan. Mumpung lagi mood,mari kita lanjut.

Faris diceritakan abi tentang kisah Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersama sahabat Abu Bakar ra. ketika bersembunyi di sebuah gua dan dengan izin Allah, beliau diselamatkan oleh laba-laba yang membuat sarang di mulut gua,hingga kafir Quraish tidak dapat masuk gua untuk menemukan Rasulullah. Nah, berawal dari kisah itu, abi memberi tugas ke faris mencari tahu tentang laba-laba dan gua. Karena faris lebih tertarik dengan laba-labanya maka kami pun mencari di internet dan membuat sebuah lapbook tentang laba-laba.

Isi lapbook laba-labanya sederhana. Pertama, tentang anatomi tubuhnya, lalu cara berburunya, klasifikasinya, daur hidupnya, dan terakhir surah dalam Al Quran yang menceritakan tentang laba-laba. Sempat juga buat craft laba-laba untuk Dais.

Setelah lapbook selesai, saya selalu coba evaluasi ingatannya. Ternyata dengan belajar sambil menggunting, menempel-menempel,membaca langsung dari Al Quran tentang laba-laba, lebih membekas di ingatannya. Sejenak saya berpikir, apakah jika ia masuk sekolah formal ia bisa melakukan hal yang sama dalam belajar? Bisakah gurunya memfasilitasi keingin tahuan perorangan siswanya mengingat satu kelas saja ada maksimal kurang lebih 40 murid? Saya produk sekolah formal dan saya sendiri bisa menjawab berdasarkan pengalaman saya waktu bersekolah. Maka, menurut saya Homeschooling adalah pilihan tepat, karena sadar bahwa proses belajar harus menyenangkan, tidak kaku, dan tidak membebani memori otaknya dengan hanya SEKEDAR HAFALAN. Atau anda yang juga keluaran sekolah formal punya jawaban lain? Silahkan!🙂

Leave a Reply

