BELAJAR TENTANG AIR (part I)

image

Kemarin faris belajar tentang air. Maka kami mulai dari sifat-sifat air. Saya cari sumber tentang air di internet. Lalu menuliskan di papan tulis, sambil menyediakan berbagai alat peraga untuk diperagakan faris sendiri.

Seperti biasa, terkadang memulai sesuatu dari menyenangkan, lalu menjadi tidak menyenangkan atau sebaliknya itu butuh kerja keras otak saya sebagai ummi. Saya hanya ingin sebuah proses belajar yang menyenangkan untuknya. Dan nampak sekali Faris baru beberapa menit kelihatan sangat bosan duduk di depan papan tulis dengan air dan wadah yang menurutnya sama sekali tidak menarik,hehehe. Ok, bagaimana kalau airnya kita beri pewarna? Faris setuju, dia memilih warna hijau, lalu mulai mempraktekkan sifat-sifat air dari yang mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah, berubah-rubah sesuai wadahnya, dapat meresap melalui celah kecil, mempunyai permukaan yang datar ketika tenang,dapat berubah wujud ketika dipanaskan dan didinginkan, dan sebagainya yang bisa kita lihat di sini.

Belum cukup lima belas menit, Faris mulai dilanda bosan, dan saya tahu dia butuh bergerak. Lalu kami keluar, sambil saya nyuci baju adek bayi, faris sibuk main air sambil belajar. Heran ya, begitu keluar rumah dan mengisi sebuah gelas plastik dengan air, lalu meletakkannya di lantai kemudian jungkir balik  deh dia di atasnya, menari-nari seolah-olah sedang melakukan sebuah ritual –,–” setelahnya sambil ngucek cucian, saya coba mengulangi lagi apa yang baru kami praktekkan di dalam, sambil dia sibuk mencampur air dengan sabun, memindahkan ke wadah-wadah ujung-ujungnya dia lakukan sambil berteori sendiri.

Hemhh, saya sempat bersuudzon, saya pikir tidak satupun yang bisa lekat tentang ilmu yang kami pelajari bersama hari itu pada Faris. Berhubung kelihatannya ia gak begitu fokus dan banyakan lari-lari dan lompat-lompat. Saya menebak bahwa mungkin belajar kami hari itu gagal menghasilkan apa-apa. Ternyata ketika malam, setelah sikat gigi dan hendak tidur saya evaluasi lagi ia tentang sifat-sifat air. Ia bisa menjawabnya dengan bahasanya sendiri, lengkap dan tidak ada satu sifatpun yang tertinggal. Ya Allah,ampuni saya! Dan rasanya pengen bilang ke Faris hukum saja ummimu ini, nak..yang kadang suka meragukan kemampuanmu dalam hati (T,T) Ummi janji akan membantumu mencari cara yang menyenangkan untuk belajar, dan membantu mencarikan jawaban di berbagai media atas setiap keingintahuanmu, ketika ummi sendiri tak bisa menjawab by my self.

@cheitumminyafardais eh, berhubung nambah putri kecil satu yang namanya afrin maka,mulai hari ini @cheitumminyafardain resmi saya sandang😉

2 comments

Leave a Reply

