AWAS,SUAMI BERBAHAYA!

image

Jangan bayangkan judul di atas akan terpampang dengan bebasnya di depan pagar, atau di tower sutet….hehehe…karena tidak seorangpun yang akan  mengetahui bahwa calon suaminya nanti masuk kriteria berbahaya atau tidak sebelum ia menjadi istrinya..Pacaran berabad-abad lamanya takkan menjamin bisa mengenal siapa sebenarnya “dia”, kecuali sebelum menikah mengadakan penelitian mendalam yang melibatkan pihak-pihak terdekat calon suami yang bisa dipercaya memberikan data akurat dan objektif..(duh,segitunya…) yah,ini benar karena menyangkut masa depan wanita itu sendiri…

Ketimbang membaca prolog saya yang sedikit aneh dan agak meragukan…mending simak beberapa tipe suami berbahaya yang saya dapatkan dari buku “Gelas-gelas Kaca,Panduan Praktis Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis”, karya Abu Umar Basyir. Tipe-tipe suami berbahaya itu seperti ini,nih..

1. Suami Angkuh
Pelit senyum,hobi bermuka masam..padahal menurut penjelasan para ulama, selalu berseri-seri di hadapan istri salah satu dari pengertian “pergaulan yang baik” terhadap istri…bahkan sabda Rasulullah saw. setiap suapan suami pada istri termasuk sedekah…

2. Suami kasar
Bukan berarti sang suami tidak pernah treatment di salon hingga kasar kulitnya (???)…tapi, ucapannya itu lho yang sukanya nyakitin hati perempuan, kurang pandai merangkai kata yang indah ketika berbicara depan istri..bahkan ada yang lebih senang “bahasa tubuh” untuk mengeskpresikan kekesalannya dari pada berkata indah, contoh: ahhh…tak tega saya memberi contoh…

3. Suami tak berperasaan
Menurut buku “Gelas-gelas kaca” contohnya Suami yang suka meremehkan perasaan istri, terlalu mudah cemburu, tidak memperdulikan perasaan istri. Masih tulis sang penulis, bahwa salah satu aplikasi dari pergaulan yang baik adalah tidak memperlihatkan di hadapan istri ketertarikan kepada perempuan lain di samping tidak bersikap acuh tak acuh terhadap istri.

4. Suami kikir
Haaah, ini tipe yang paling menyebalkan…padahal suami yang berlaku pelit, amat jauh dari rahmat Allah, seperti dalam QS. Al-Lail:8-11, ” Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup, serta mendustakan pahala yang terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.”

5. Suami preman
Yang saya heran, kok ada istri mau menikah dengan suami model begini,yah…atau mungkin untuk masalah ini karena menyangkut penampilan, maka berhubungan dengan selera…jadi, tergantung selera sang istri suka atau tidak suka. Yang jelas jangan menuntut istri saja yang berhias untuk suami, tapi suamipun seharusnya berhias untuk sang istri…meski tak perlu dengan jalan make bedak,lisptikan, atau make bulu mata palsu…eh…ini suami apa sih? Hehehe..

6. Suami Diktator
Suami yang senang membebani sang istri dengan pekerjaan rumah tangga yang berat-berat semisal benerin genteng, menggali sumur…habis itu istri disuruh menanggung biaya hidup,mencari nafkah lalu suami yang megang hasil keringat istri sembari duduk santai sambil mengepulkan asap rokok saban hari. Bagusnya kita apakan model suami kayak gini?!!

Ada enam tipe suami berbahaya. Bagi yang sedang menjalani proses mengenali pasangan, pastikan bahwa ke enam tipe di atas tidak ada pada calon anda karena mencintai saja tak cukup, bagi yang sudah menjalani pernikahan dan mempunyai salah satu tipe di atas pada suaminya…hemh, wajib hukumnya menasihati atau meluruskan baik itu dengan ucapan,perbuatan, paling terakhir mendoakan agar suami diberikan kesadaran oleh Allah swt., dan tidak boleh membiarkan diri terdzalimi, jika tak berubah juga, ajak setiap hari nonton live “mama dedeh dan aa” di salah satu stasiun tivi…Kalau tidak berubah juga,silahkan pasang sebuah papan di pintu depan anda atau di pagar rumah anda, “awas, Suami berbahaya!” lalu bersabarlah..jika tidak? Coba konsul ke mamah dedeh lagi,deh..:).Naaaah, bagi istri yang satupun tidak ada tipe di atas yang melekat di diri suaminya, banyak-banyak bersyukur,deh…tingkatkan kualitas sebagai istri karena di sanalah syurga kita berada…eh,kenapa tiba-tiba pengen holding tight my hubby,yah…:)

Terakhir, semoga Allah senantiasa melindungi para istri yang mungkin terdzolimi oleh suaminya, memberi kesabaran, dan menyiapkan pahala yang banyak untuk sebuah jannah…lalu memberikan jalan keluar terbaik untuk sebuah kesulitan atas pinta dari isi doa sang istri. Aamiin.

Sumber tulisan: “Gelas-gelas kaca, panduan praktis agar rumah tangga tetap harmonis” karya Abu Umar Basyir, Penerbit Nikah Media Samara, Maret 2005.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s