MEMAHAMI KEBUTUHAN ANAK

image

Apa sih kebutuhan anak? Apakah uang jajan, mainan, atau sekolah mahal dan terbaik di tempat kita tinggal? Atau baju baru, gadget tercanggih? Jangan buru-buru timpuk saya yang hadir dengan pertanyaan-pertanyaan di tulisan ini,yaa..hehehe..Saya tuliskan sebuah ilmu menarik dari sebuah buku, ” Ibu cerdas,Anak pintar” karangan Malahayati,S.Psi. dan Anita Hairunnisa, S.Ik. Sama-sama belajar,yuk…

Bahwa anak juga punya kebutuhan, sama seperti kita ibu-ibu…Bedanya, manusia dewasa lebih cenderung ke materi sedang anak, tak mesti…Memenuhi kebutuhan anak setelah memahami apa sih, kebutuhan mereka, lebih baik bagi tumbuh kembang anak kelak.

1. Kebutuhan Fisiologis
Nah, menurut buku Ibu Cerdas,Anak Pintar, kebutuhan ini adalah paling dasar. Contohnya, makan ketika lapar, minum ketika haus, beristirahat jika capek,bernafas, dan sebagainya. Seperti seorang bayi yang menangis ketika ingin ASI, kegerahan, sakit perut, dan sebagainya. Jadi, penting untuk dicari lalu diketahui penyebabnya.

2. Kebutuhan Akan Rasa Aman
Sebagian anak akan menangis ketika berada di dokter gigi, atau bertemu dengan orang asing, atau pertama masuk sekolah. Itu karena mereka merasa tak aman, maka penting kehadiran seorang ibu untuk menenangkan anak, membuat mereka nyaman dan aman.

3. Kebutuhan Akan Cinta dan Afiliasi
Seorang anak akan tersisih dan tumbuh menjadi pribadi tertutup ketika tidak mampu bersosialisasi dengan lingkungannya. Sekali lagi peran ibu diharapkan dapat memberikan motivasi untuk sang anak, mengajaknya ke keramaian seperti pengajian, arisan, acara sulap, acara mendongeng, membantu mereka untuk mengenal lingkungan dan menyesuaikan diri.

4. Kebutuhan Akan Rasa Dihargai.
Anak pun sama seperti kita butuh dihargai usahanya, kerja kerasnya, prilakunya, kebaikannya….ketika mereka merasa dihargai di rumah, maka mereka akan tumbuh menjadi pribadi percaya diri.

5. Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri.
Sama halnya orang dewasa, anak juga butuh aktualisasi diri. Jangan buru-buru mendaftarkannya casting iklan…kenali potensi dan minatnya lalu arahkan, atau kenalkan dengan hal-hal baru, pastikan mereka menyenangi dan jangan sekali-kali memaksakannya.

Sekian dulu…adalah membahagiakan seantero dunia ketika kita tanyakan langsung ke anak, “Apa yang kau butuhkan,nak?” Dan mereka menjawab, “All i need is you, mama….” hehehehe…Salam🙂

Sumber tulisan: Ibu Cerdas, Anak Pintar, Malahayati, S.Psi., Anita Hairunnisa,S.lk. Rumah ide, 2009, Depok

@cheitumminyafardais

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s