EKSIS ITU MANIS, EKSIS ITU MIRIS (INTERNET)

Life has begun….ketika hampir semua suami sibuk berjibaku dengan pekerjaan di kantor. Geliat para istri alias ibu-ibulah yang menghidupkan sebuah kompleks perumahan bertaraf ekonomi menengah ke atas. Apalagi aktifitas pagi adalah terheboh di kompleks itu? Sahut-sahutan memanggil sang tukang sayur, ngerumpi, saling kunjung mengunjungi, bertukar resep masakan hingga aerobik bersama. Pokoknya rame. Namanya ibu-ibu, dan bukan ibu-ibu namanya ketika tak mampu menyulap perihal “digigit semut” menjadi sebuah gosip yang spektakuler..hehehe..

“Assalamualaikum! Jeng Mir!Jeng Mir!…Tok …Tok… Tok!” Seorang ibu bertubuh tambun baru saja tergopoh-gopoh memasuki halaman rumah Mirna, ibu rumah tangga yang paling hi tec sekompleks, suka jadi tempat bertanya ibu-ibu lain, maklum selain informasi tentang teknologi yang selalu up to date, Mirna juga bijak dan kooperatif bila dimintai keterangan…eh, kok kayak polisi lagi minta keterangan saksi yaa..

“Alaikumsalam Warohmatullah…Eh, Bu Kokom…ada apa,nih bu…kelihatannya, sedang dilanda masalah rumahtangga??” Meski penampakan Jeng Mirna ini mendekati sempurna, namun kesok tahuannya terkadang menjatuhkan segalanya.

“Duh, Jeng Mirna ini…siapa yang sedang rumahtangganya bermasalah…saya cuma mau menyampaikan sebuah berita penting, tauk….Jeng kan jagonya teknologi, nah…siapa tau bisa nanggapin ni berita dari segi telematika…” Hehehe, anda tak menyangka kalimat ini meluncur bebas dari mulut seorang ibu-ibu rumahtangga biasa? Sang empunya kalimatpun sedikit nggak ngerti, barusan ngomong apa. Huehuehue…

“Jeng, tau gak…tadi tuh saya baru aja ngobrol empat mata, dua hidung, dua mulut dengan Jeng Tutut…menurut pengakuannya sekarang dia tuh eksis di dunia maya dari rumah..makanya gak pernah ikutan kita aerobic ayu ting-ting lagi. Yang bikin saya heran, nih, Jeng…tau sendiri sekarang yang berbau maya kan udah gak eksis lagi, liat deh, duo maya, itu loh Jeng, yang punggawanya Maya Estetika mana album barunya? Gak ada kan?…Apalagi yang namanya Maya Rumontir, Ira Maya sopa…itu kan seleb jaman baheula…kok, bisa-bisanya Jeng Tutut ini bilang dia sedang eksis-eksisnya di dunia maya.” Setelah berkata dengan membabi buta, suasana tiba-tiba hening. Lalu pecahlah sebuah tawa yang membahana di setiap sudut ruang tamu yang adem dengan tanaman hias dan gemericik kolam kecil…..

“Huahahahahahahah!!” Ketidaksopanan Mirna menambah point minus dua untuk tata krama sebagai pemilik rumah…
“Bu Kokom ini bagemana, toh…bukan dunia maya itu maksudnya…dunia maya itu semacam “dunia lain” , gak nyata tapi kita bisa berkomunikasi di dalamnya, bisa punya teman baru bahkan dari seluruh dunia, bisa tau informasi harga sembako terupdate, harga emas dipasaran tanpa harus bersusah-susah nanya-nanya ke toko emas, nyari resep masakan mulai dari kelas hotel bintang lima sampai kuliner tradisional. Semuanya kita dapatkan jika kita eksis di dunia maya atau biasa juga disebut internet.”

“Lha,kok bisa gitu?”

“Yah,bisa lah,Bu…sekarang mah, teknologi semakin canggih…dari hape aja kita sudah bisa eksis di dunia internet.”

“Apa tadi, Jeng? Kornet? Kontet? Artis baru?” Mirna menggeleng, rasanya akan semakin sia-sia berteori tanpa praktek…maka dimintanya Bu Kokom menunggu sejenak..selagi ia masuk ke kamar membawa sebuah laptop  mungil lengkap dengan modem merk AXIS…Bu Kokom terpana, dengan mata berbinar-binar…ingin rasanya ia punya barang yang sama…hingga angannya terpatahkan oleh tanya yang enggan ia ungkap…barang gituan bisa nyicil kayak panci gak,ya??

“Nah, gini nih bu Kokom…eksis di internet itu ya, kayak gini…Nah, kalo Bu Tutut,tuh…saya sih temenan di facebook, twitter, sama google plus…hehehe..gak perlu keluar rumah, kami bisa ngobrol dari sini…oya, Bu Tutut kan juga jualan sprei di internet…konsumennya sampai luar pulau Jawa,lho..Kalo di jejaring sosial twitter, kita bisa follow artis-artis, ustad2, tokoh terkenal, mentri, presiden, politikus…macam-macam deh…bisa tahu kegiatan mereka, nasihat ustad,…nah, syukur-syukur kalo kita dimention mereka…Nah, ibarat berselancar di pantai, kita butuh papan selancar…nah, ini namanya modem supaya berselancarnya lancar..di pasaran banyak provider yang menjanjikan internet lancar lho, Bu…tapi untuk sekarang saya cocoknya pake AXIS. ” Jeng Mirna tampak sangat bersemangat dan sibuk berpromosi, padahal dibayar juga nggak…hehehehe.

Bu Kokom semakin menganga…tidak ia sangka, sebegitu canggihnya dunia internet itu…semakin tidak menyangka bahwa canggih itu rumit, njelimet…tapi ia membulatkan tekad untuk eksis se eksis-eksisnya…Setelah berselancar di dunia maya, dan berselancar di meja makan Jeng Mirna, Bu Kokom pamit pulang…sambil berjanji, akan segera eksis di internet. Sudah terbayang ia bermention ria dengan Syahrini, berpantun bersama pak mentri, atau dinasihati Ustad Aa’…mencoba resep baru dari internet yang akan membuat suaminya senang…

Dalam hitungan hari, isu eksis di internet menyebar lalu mewabah ke pelosok kompleks…sampai mau minjam piring buat hajatan ajha, cukup “poke” tetangga di facebook..haduuuh…Saking eksisnya di internet, Bu Kokom jarang hadir arisan, tidak pernah lagi ikutan aerobik, pengajian pun ditinggalkannya. Sampai suatu ketika, ia kembali menampakkan wajah cubbynya di rumah Mirna…kali ini dengan tangis meledak-ledak…Jeng Mirna yang saat itu sedang sibuk menulis sebuah postingan di blognya untuk diikutkan sebuah sayembara penulisan blog di http://duniaaxis.co.id , terpaksa menghentikan sementara aktifitasnya, demi mendengar keluh kesah Bu Kokom.

“Jeng,….jeng Mirna…huaaa..huhuhuhu….suami saya ketahuan selingkuh di dunia maya…huaaaa…sampai kopi darat segala..mana selingkuhannya banyak lagi….Semua saya ketahui setelah menyamar jadi wanita lain di internet dan di add di FB suami saya…huhuhu..”

Mirna cuma bisa mengusap-usap punggung Bu Kokom…tak menyangka eksis di internet yang selama ini manis ia rasakan, ternyata miris bagi Bu Kokom…sambil sesekali berpesan sabar..itulah dunia internet…ibarat mata pisau…ada yang tumpul tempat manfaat bisa kita peroleh, sedang sisi lainnya tajam…setajam silet….

Fiksi ini saya ikutkan dalam Blog Writing Competition: Eksis dengan Internet , yang mau ikutan silahkan klik linknya. Semangat Menulis !!!🙂

Jakarta, 1 februari 2012

@Cheitumminyafardais

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s