KAMAR BAYI YANG SEHAT DAN NYAMAN

image

Duh,kenapa ya saya tiba-tiba nulis tentang kamar bayi..Ouh, jangan keburu GR dulu “diriku”..hanya ingin berbagi dengan para ibu atau calon ibu…Meski dulu saya juga tak niat banget menyiapkapkan kamar untuk calon penguasa ummi itu, tak ada salahnya, sekalian mempersiapkan kalau-kalau dipercayakanNya untuk hamil lagi…

Kamar bayi ibarat gua bertapa seorang bayi (*kesulitan mencari analoginya:D)…bagaimana tidak, disitulah tempat seorang bayi menghabiskan waktunya untuk tidur dan menyusu, kadang bermain pun di kamar tersebut..meski harus sesekali dibawa keluar mandi sinar matahari pagi, bergaul dengan tetangga, membeli sayur, kepengajian, ke pusat perbelanjaan, sudah…sudah….ini kegiatan bayi atau emaknya, yaa..:D Karena sebagian besar aktifitasnya di sana maka diperlukan ruang kamar yang sehat dan nyaman, meski standar nyaman harus berbanding lurus dengan keuangan dan kemampuan…Camkan itu!! Ok, mari kita simak beberapa kiat menata kamar bayi kita🙂

1. Dinding.
Pilih cat tembok bebas VOC(volatile organics compounds)…tenang ibu-ibu kita tak perlu angkat senjata, karena VOC adalah cat bebas senyawa organik yang mudah menguap. Cat ini dapat menekan resiko terhirupnya partikel berbahaya oleh bayi. Pastikan mengecat kamar jauh-jauh hari sebelum anda melahirkan. Atau anda tak ingin repot, gunakan saja wall paper bermotif lucu, berwarna-warni, sesuaikan dengan selera dan sekali lagi isi kantong anda!

2. Lantai.
Gunakan material keras untuk lantai semisal keramik, atau kayu, karena karpet sintetik mengandung bahan kimia berbahaya seperti pewarna, bahan pelindung dan zat kimia yang mudah terbakar. Pastikan jika anda menggunakan kayu yang telah divarnish dan bebas VOC.

3. Pencahayaan.
Pencahayaan terdiri atas yang alami dan buatan. Untuk kesehatan sebaiknya diusahakan banyak bukaan yang berasal dari jendela atau ventilasi. Selain dapat memaksimalkan cahaya pada siang hari, matahari pagi pun dapat masuk (*catatan: perhatikan orientasi ruang dan penempatan jendela agat menghadap ke tempat matahari terbit agar sinar matahari paginya dapat menembus kamar). Sirkulasi udara yang baik juga diperlukan supaya kamar tidak pengap dan tidak bau. Untuk pencahayaan buatannya, pilih cahaya lampu yang sesuai dengan selera, cahaya kuning berkesan hangat dan tidak terlalu menyilaukan, sedang yang putih tercipta suasana terang benderang.

4. Suhu.
Faktor penting kenyamanan dari seorang bayi adalah suhu kamar. Kuncinya adalah “jangan terlalu” …bayi akan rewel, susah tidur, menangis jika suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Menurut seorang dokter anak, temperatur suhu ruang kamar yang baik untuk bayi adalah 25°C. Jika anda ingin menggunakan penyejuk ruangan, sebaiknya pilih yang ada filter antibacterianya, perhatikan letaknya tidak mengarah langsung ke bayi.

5.Keamanan.
Bila anda memilih furniture seperti box tidur untuk bayi kecil anda yang lucu itu, pastikan bahan dan kualitasnya aman. Jangan letakkan banyak bantal di dalamnya, alih-alih membuat ia hangat, justru akan membahayakan bayi anda. Pilihlah mainan yang juga terbuat dari bahan yang aman untuk menemani bayi anda bermain di kamar.

Sekali lagi standar nyaman itu relatif, lebih baik lagi jika kenyamanan disesuaikan dengan aspek ekonomis. Menghemat energi, menggunakan bahan ramah lingkungan untuk merenovasi, berarti ikut menolong bumi kita dari kerusakan lingkungan.

Sumber gambar: http://www.wolipop.com
Sumber tulisan: Majalah Parents Indonesia, edisi Juli 2009.

@cheitumminyafardais

7 comments

    1. 🙂 trimakasih kunjunganx bunda…architectonic bny artinya bisa dikaitkan dengan ilmunya,konsep,desain,struktur,atau komposisi dalam sbh karya seni misal lukisan or musik:)..*tiba2 surprise sendiri…wah,sy masih bisa ngomong gini!!!!:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s