RADI DAN JANI’

Persahabatanku dengan Jani’ memang penuh romansa.
Dimulai ketika kami masih sama-sama ingusan. Aku sering dipukul anak-anak lain karena melindungi Jani’ dari keusilan. Dan ia pun membelaku ketika teman-temannya menertawakanku karena dialegku yang kental.

Persahabatanku dengan Jani’ adalah persahabatan lintas suku, Jani yang Bugis Makassar, Aku, Radi yang Jawa tulen.Persahabatan kami adalah lintas kuliner, Jani’ dengan bekal putu cangkiri* dan aku, Radi dengan bekal getuk*..yang sering kami tukar ketika menunggu jemputan di bawah pohon nangka..di halaman sekolah.

Persahabatanku dengan Jani’ juga berpasang surut, ketika aku sudah mulai mengenal cinta dan ia belum. Ia memukulku dengan sepatunya ketika kubilang aku cinta dia. Mungkin kami baru beranjak remaja hingga belum mengerti hendak diapakan cinta itu. Setelahnya ia menjauh dan datang lagi ketika hendak ditangkapkan kodok untuk praktek anatomi hewan amfibi di sekolahnya.

Semakin bertambah usia kami, semakin aneh ia. Tak mau lagi dibonceng sepeda olehku, tak mau lagi berduaan denganku, tak mau lagi mentraktirku, tak mau lagi kukunjungi rumahnya, dan ia juga mulai berjilbab rapi, dan sering melotot ketika kupandangi lama.

Kupertanyakan hubungan persahabatan kami, ada yang salah? Ia jawab, “Tidak Radi…tidak ada yang salah, hanya mungkin kita tak boleh saling ketergantungan lagi. Kita sudah sama dewasa, semakin dewasa dan aku tak ingin terjebak dalam perangkap “persahabatan” yang kau buat. Aku sadar kita tak lagi mahrom. Dan aku pun memilih merajut persahabatan baru dengan mereka”, Jani’ menunjuk segerombolan jilbaber, dan kemudian beranjak melebur bersama mereka.Meninggalkanku yang hatinya lantas jatuh menggelinding.

@cheitumminyafardais
Pemuda,pemudi…selamat:)
Jakarta, 28 10 2011

Leave a Reply

