MAKEOVER KAMAR IBU HAMIL

klik disini untuk informasi gambar:)Hamil adalah sebuah fitrah bagi kaum hawa…tentu saja akan lebih nyaman setelah pilihan untuk menikah diputuskan. Berbicara tentang kenyamanan kaitannya dengan ruang, sangkutannya dengan hamil, maka saya akan mendadak ngarsitek lagi…hehehe…

Kebahagiaan mungkin akan terpancar di wajah kita yang akan memantul ke setiap sudut ruang ketika hasil test pack kita menunjukkan positif..(hei,saya memang orang yang lebay) tapi, eits tunggu dulu…ada sebagian ibu hamil yang mulai merasa tak nyaman entah itu dengan dirinya,perasaannya, bahkan ada yang tak nyaman dengan keadaan suaminya…maka mari kita make over….bukan…bukan meng-make over sang suami…tapi, ruang…mungkin diawali dengan ruang tidur…yang merupakan “sarang” seorang ibu hamil. Sebelum mulai make over, mari kita kaitkan dengan kondisi yang membuat seorang ibu hamil merasa tak nyaman. Lets check it out, beibeh….

1. Muntah dan mual, atau bahasa kerennya morning sick …Pastikan sirkulasi udara di kamar cukup baik, jika pakai AC,setiap pagi, matikan sejenak…dan biarkan udara segar masuk lewat jendela dan biarkan ia keluar lewat jendela lagi atau pintu….setelah pamitan dengan sopan.hehhehe..,rapihkan barang-barang dan singkirkan yang memenuhi ruangan hingga agak lapang dan pastinya nyaman bukan?

2. Penciuman sensitif, yah, pada trimester ke dua, penciuman ibu hamil mulai agak sensitif, maka usahakan mengganti material tirai dengan non fabric seperti wood blind. Ganti bed cover sekali seminggu atau jika punya banyak stok dan budget untuk ngelaundry ganti sekali sehari…huuaaahh..bangkrut!

3. Naluri bersarang….bukan…bukan…bumil bukan burung…tapi seiring bertambahnya usia kehamilan keinginan untuk menambah kenyamanan kamar pun makin meningkat, dengan menambah pernak pernik dekoratif, berupa lukisan, standing lamp, pokoknya buat suasanya kamar senyaman mungkin…

4. Bila sering ke kamar mandi khususnya pada malam hari, maka dibutuhkan penerangan yang cukup agar bumil gak nyasar ke kamar lain..*ups..perhatikan pula tinggi rendah tempat tidur sebaiknya memudahkan bumil naik turun, berhubung beban perut yang semakin membesar.

5. Moody…naaah…yang ini nih…karena perubahan hormon…semakin tua kehamilan semakin sulit beraktifitas, mungkin dengan mengganti cat dinding dengan warna pastel atau memasang wall paper, menyediakan beside table atau rak buku untuk bumil yang suka baca, home theatre, terserahlah…asal bumil senang, ini mah judulnya.

5. Sakit punggung…karena beban yang berpengaruh pada tulang punggung. Menyediakan sofa dengan bantalan empuk dan penyangga kaki, nantinya juga bisa dipakai untuk menyusui kalo anaknya dah lahir…jangan lupa usahakan sofanya nyaman dan tidak panas ketika bumil duduk..

Hayoo..gimana? Jika masih tidak nyaman juga, mungkin memang bukan ruang anda yang mau di make over tapi suami anda….hehehe….

Sumber tulisan: majalah Ayahbunda, edisi no.08, 18 April-01 Mei 2010

Jakarta, 15 10 2011

@cheitumminyafardais

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s