MENEMUKAN MINAT ANAK

image image

Saya sedang meraba-raba apa sih, minat dua jagoan saya…si kakak (5 thn 5 bulan), sedang senang-senangnya bermain orang-orangan, ia akan memainkan beberapa peran sekaligus, sama asyiknya ketika ia bermain lego dan puzzle. Sedang si adek (4 thn 2 bulan), sejauh ini saya liat sesuatu yang bisa membuatnya bertahan tidak jumpalitan ke segala arah adalah menggambar dan mewarnai. Jika mood nya dalam kondisi baik, maka akan tercipta sebuah gambar yang bercerita.

Mengikuti rasa penasaran saya tentang minat dan bakat anak saya, maka tentu saja saya membutuhkan referensi. Maka saya pilih sebuah buku karangan “Bunda Lucy” seorang penggagas SMART TALENT  yang bukunya berjudul, “Mendidik sesuai dengan Minat & Bakat Anak. Bahwa orang tua harus melakukan beberapa hal dalam menemukan minat anak, saya bantu tuliskan ya….dibantu ya..sim salabim jadi apa, prok…prok…criiiiing….ini dia:

1. Kepekaan dan kejelian.
Agak begitu sulit memang, mengingat usia balita melakukan sesuatu masih berdasarkan kesenangan sesaat yang dapat berubah-ubah. Kalo seorang psikolog di sekolah anak saya bilang, minat adalah yang membuat dia menekuni hingga lupa makan,malas mandi,tidak mau jika disuruh. Hayoo apaa!?!?!?

2. Pemahaman terhadap beberapa bidang minat.
Memberikan rangsangan dan dorongan untuk menemukan minat anak sesungguhnya, kalo kata praktisi homeschooling, Aar Sumardiono , ketika kami mengikuti kelas online seminar tentang homeschooling beberapa bulan lalu, usia balita adalah usia paling baik untuk dieksplorasi.

3. Observasi.
Dengan menjalin komunikasi yang baik antara anak dan orangtua maka akan ketahuan ke arah mana minat mereka, apa cuma ikut-ikutan, main-main, serius, atau hanya kesenangan sementara.

4. Eksplorasi minat.
Lihat aktivitas yang mana yang membuat balita kita kelihatan antusias, sambil didampingi, dan diajak komunikasi, jika ia melakukan rutin, bersemangat, dalam beberapa bulan, keterampilan pada minat tersebut juga meningkat, maka arahkan lebih mendalam..Pilihan untuk mengikutkannya kursus atau sanggar, atau browsing deh, di internet “sesuatu” yang bisa membantu mengeksplore minatnya…

5. Kembangkan bakat anak bukan bakat orang tua.
Berarti jangan dipaksakan mereka mengikuti kesukaan emaknya atau bapaknya, komunikasi yang baik adalah sangat penting.

6. Pilih salah satu lalu kembangkan.
Supaya bisa fokus mungkin lebih baik pilih salah satu yang paling menonjol, ketimbang semua bakat hingga hasil perkembangannya tidak maksimal.

7. Bantu anak mengembangkan kecerdasannya.
Orangtua perlu mencermati hal-hal mendasar yang dibutuhkan anak sebagai pondasi kuat untuk keberhasilan hidupnya kelak.

Ok, demikian dulu…semoga manfaat, terutama untuk saya yang sungguh mati sedang penasaran dengan bakat dan minat anak kami….hehehe..sepertinya ada yang sedikit lebay dengan closhing nya ya????

Sumber tulisan: Bunda Lucy, “Mendidik sesuai dengan Minat&Bakat Anak”,  Penerbit PT Tangga Pustaka

@cheitumminyafardais
Jakarta, 20 10 11

4 comments

  1. yup. mantap nih mbak.

    katanya karakter seseorang ketika dewasa sangat ditentukan oleh kejadian masa kecilnya.
    ketika kecilnya selalu ditakut takuti, maka kemungkinan besarnya jadi anak penakut.

    ketika kecilnya udah keliatan bakatnya dan orang sekitar terus mendukung bakatnya itu bisa jd besarnya tak lagi kelabakan.

    sukses terus mbak.
    jadi udah ketahuan bakatnya mbak??

    1. Smoga suatu hari kita bisa dipertemukan ya,mba..:) kami akan butuh bny pengalaman dan sharing dari orgtua yang telah menjalankan homeschooling untuk anak2 mereka..insyaAllah kami sedang bersiap2 untuk meng-HS kan putra2 kami,salam🙂 doakan agar dpt istiqomah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s