MOTIVASI LAH ANAK KITA

http://www.chaoswallpapers.com/kung_fu_panda_snake-wallpapers.htmlHari itu, Panda sedang dikelilingi anak-anak kelinci. Ia didaulat untuk bercerita tentang kisah yang dapat menyemangati anak-anak kelinci. Maka berceritalah si Panda tentang seekor anak ular betina yang dilahirkan tanpa taring. Padahal ia berayah yang sangat ditakuti musuh dipelosok negeri karena gigitan dan bisanya yang mematikan. Sang Ayah pun sedih melihat penerusnya kelak, lahir tanpa taring dan bisa. Suatu hari sang anak ular betina menangkap kesedihan ayahnya, maka dia coba menghibur ayahnya dengan menari dengan selembar kain diekornya sampai sang ayah tersenyum. Sang ayah memang tersenyum, tapi tidak hatinya, masih gundah. Hingga tiba waktu, datanglah seekor Gorilla jahat yang menyerang negeri mereka, Sang Ayah turun tangan namun sayang, usia tuanya tak mampu mengimbangi keinginan kuatnya dan juga tubuh kuat Gorilla, gigi sang ayah patah akibat menggigit sang Gorilla dan ia terhempas. Anak Ular betina melihat kejadian itu tidak tinggal diam, meski gertakannya pada sang Gorilla disambut tawa geli Gorilla, ia tak surut, dikeluarkannya tarian mautnya yang kemudian dapat membelit sang Gorilla hingga jatuh terjengkang. Kali ini bukan hanya bibir ayah yang tersenyum, hatinya juga.

Kutipan singkat cerita di atas saya ambil dari sebuah film kartun berjudul kung fu Panda, bukan untuk membahas sosok Panda tapi berusaha memetik hikmah dibalik cerita yang dikisahkan sang Panda di hadapan anak-anak kelinci yang sedang butuh motivasi karena sedang mengalami krisis kepercayaan diri. Pernahkah kita bersyukur dengan kelebihan ataupun kekurangan yang dikaruniakan Allah kepada anak kita? Bersyukur untuk suatu kelebihan mungkin sudah biasa, bagaimana dengan kekurangan? Saya sangat memuji orang tua yang menyemangati anaknya yang terlahir dengan kekurangan hingga keberadaan mereka dapat diperhitungkan sama bahkan lebih dari orang normal sekalipun. Di sebuah stasiun TV menayangkan seorang anak terlahir tanpa tangan sebelah namun ia tampil percaya diri menciptakan penemuan-penemuan karena semangat dari sang ibu yang tak pernah menyebutkan anaknya memiliki “kekurangan” tapi dengan kata “keistimewaan” yang dimiliki anaknya (sayang saya lupa nama dan penemuan anak itu). Pun seorang Gola Gong sang penulis handal yang telah menciptakan banyak tulisan, cerpen atau novel, padahal sebelah tangannya harus diamputasi karena kecelakaan terjatuh dari pohon semasa kecil. Ayahnya yang menyemangatinya untuk tidak berputus asa bukan hanya dengan bahasa lisan, tapi dengan sekantong kelereng untuk diajarkan ke Gola Gong bermain satu tangan.

Bagaimana dengan anak-anak kita yang terlahir sempurna, tidak banyak yang percaya diri ketika diminta maju ke depan kelas, atau sekedar menjawab pertanyaan siapa namamu, ketika bertemu teman ayah atau ibunya..Salah siapa? Tentu salah ayah ibunya yang tidak pernah memotivasi anaknya, pelit pujian, bahkan ada yang meremehkan anaknya sendiri, parahnya dilakukan di depan umum…atau kata…”maaf, anak saya pemalu..”sehingga anak akhirnya melabeli diri dengan label pemberian orang tuanya, “pemalu”.

Tulisan saya hentikan sampai di sini, dan berharap tuisan ini akan selalu mengingatkan saya atau anda untuk bersedia memotivasi anak, bukan hanya ketika mereka butuh, tapi disaat mereka sedang membuat kita tersenyum pun, seperti anak ular betina yang membuat ayahnya tersenyum:)

@waktu inspiratif, 21 Juni 2011

@cheitumminyafardais

One comment

  1. jangan menyerah……syukuri apa yang ada hidup adalah anugrah, tetap jalani hidup ini dengan melakukan yang terbaik

    sukses adalah milik orang orang yang menyakininya dan memperjuangannya………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s